Flushing / Membersihkan Pipa Setelah Mengalami Kebocoran


Flushing dan Pembersihan Pipa

AC yang mengalami kebocoran biasanya akan menyebabkan oli dalam kompresor naik kejalur pipa dan mengendap dikondensor indor, endapan oli inilah yang menyebabkan sirkulasi freon tidak lancar dan AC mengalami kebuntuan walapun kebocoran sudah dapat teratasi, AC tidak akan mencapai suhu 20 derajat celcius, ada cara untuk mengembalikan AC menjadi normal yaitu dengan cara di Flushing / dibersihkan, bagaimana cara mengatasinya?. sebelum kita menvonis AC tersebut terlebih dahulu kita mengetahui gejala - gejala atau tanda - tanda yang timbul akibat kebuntuan ;
1. Ukur dengan manifol guige, tekanan manifol akan gak teratur dan naik turun.
2. Terdapat suara berisik yang tidak teratur di indoor maupun di outdoor.
Bila terdapat gejala tersebut pada AC anda hubungi segera service ac terdekat kalau tidak ditangani dengan cepat akan dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor anda!!!!!

Berikut Cara Flushing pada AC yang terdapat kebuntuan:
bersihkan semua jalur pipa dan condensor indor serta ganti filter dan kapiler yang terdapat pada outdoor.
Caranya seperti berikut:
1. Indoor.
- Pasang manifold selang kuning pada pipa yang akan di flushing (pipa kecil) hubungkan selang warna biru pada tabung freon R11 untuk mengangkat oli ataupun kotoran yang mengendap pada jalur pipa, pasang selang warna merah pada tabung freon R22, buka tabung R11 dan kran manifol selang warna kuning (buka penuh) agar R11 dapat  mengalir masuk kedalam pipa, setelah R11 masuk kedalam pipa tutup kembali kran manifold selang warna kuning dan tabung R11, lanjutkan dengan membuka tabung freon R22 dan kran selang warna merah untuk mendorong R11, tutup dengan tangan pada pipa besar tekan dengan kuat sampai bertekanan tinggi kemudian lepas dan tutup lagi, oli akan larut pada R11 dan keluar bersamaan (lakukan berulang-ulang sampai R11 tak tersisa). Lakukan cara tersebut sampai benar-benar oli dalam pipa indoor bersih.

2. Outdoor.
- Bonkar outdoor lalu lepas condensor pada kompresor lalu sendirikan terus pasang nepel selang untuk menghubungkan selang manifold dengan kondensor outdoor. Setelah terpasang selang manifold lalu masukkan R11 (lakukan Flushing seperti cara diatas). Jangan lupa ganti filter dan pipa kapiler dengan yang baru sesuai ukuran.

Setelah di Flushing dan dibersihkan indoor dan outdoor juga jalur pipa yang menghubungkan keduanya. Setelah itu pasang kembali AC nya, sebelum diisi freon lakukan facum pada kompresor agar tidak ada udara yang terjebak didalamnya yang mengakibatkan AC tidak akan dingin dikarenakan tercampur angin walaupun sudah di Flushing. Lakukan vacum dengan benar terus lakukan pengisian freon sambil lihat tekanan pana panifol dan tang ampere untuk menentukan titik tekanan normal AC tersebut.

3 komentar:

  1. PT. TRITUNGGAL ISOLASITAMA INDONESIA. — Contractor , General TRADING, Supplier Specialist Work : Hot, cold Insulation, Personnel Protection, Ducitng , Refactory , Acoustics, Install Pipe.
    Marketing : Marulloh
    Hp : 085694537011
    Office : METLAND MENTENG Jl. Menteng Mahkota III Blok K1 No.15
    Ujung Menteng – Cakung Jakarta Timur
    http://tritunggal-isolasitama-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sangat membantu para pemula gan.thanks

    BalasHapus